Senin, 13 Desember 2010

KOMUNIKASI INTERPERSONAL BERMEDIO

Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi dapat dibagi beberapa kelompok sesuai dengan individu yang terlibat, antara lain komunikasi intrapersonal (komunikasi yang dilakukan oleh satu orang), komunikasi interpersonal (komunikasi yang dilakukan oleh dua orang), komunikasi kelompok (dilakukan oleh sekelompok orang), dan komunikasi massa (dilakukan banyak orang yang jumlahnya tak terbatas). Dari beberapa komunikasi diatas yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah komunikasi interpersonal.

Komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh dua orang ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan bertatap muka dan bermedio (melalui media). Pada zaman dulu sebelum teknologi komunikasi berkembang dengan pesat komunikasi dengan cara tatap muka ini sangat efektif dan sering. Jadi intensitas ketemu dalam tatap muka disini sangat tinggi tetapi pada zaman era digital ini banyak orang menggunakan media untuk berkomunikasi secara interpersonal.

Komunikasi interpersonal tatap muka ini mempunyai banyak kelebihan. Salah satu keunggulannya adalah feedback antara komunikator dan komunikan akan diterima secara cepat dan dapat melihat pula reaksi yang menjadi komunikasi non verbal dari komunikan itu sendiri. Keunggulan yang lainnya adalah terdapat kedekatan emosional karena intensitas dalam berkomunikasi. Selain itu juga bisa mengurangi noise dalam berkomunikasi karena terjadi secara langsung dan bila ada gangguan langsung bisa dikonfirmasi. Kemudian juga dapat menyampaikan suatu pesan dengan hanya komunikasi non verbal tanpa komunikasi verbal. Dalam tatap muka ini tidak memerlukan biaya dalam melakukannya karena dilakukan secara langsung dan continue , sehingga mengobrol dalam jangka waktu yang lama tidak mengeluarkan biaya. Jadi dalam tatap muka ini emosi atau perasaan antara komunikator dan komunikan lebih terlibat dan mengurangi kebohongan karena mimik wajah akan terlihat langsung oleh lawan bicaranya.

Selain mempunyai kelebihan, komunikasi interpersonal tatap muka juga mempunyai kelemahan. Yang menjadi kelemahan utamanya adalah mengenai efisiensi waktu, yang dimaksudkan disini adalah efisiensi waktu untuk bertemu. Setiap orang mempunyai kesibukan masing-masing sehingga untuk melakukan komunikasi tatap muka diperlukan waktu yang tepat agar keduanya dapat bertemu dan melakukan komunikasi interpersonal tatap muka. Lalu kelemahan yang lainya adalah tidak dapat berkomunikasi dengan orang yang ada di tempat yang berbeda karena jangkauan tatap muka ini sangat terbatas sehingga memerlukan media untuk menghubungkan antara satu sama lain agar dapat berkomunikasi. Jadi dalam tatap muka ini yang menjadi kendala adalah waktu dan jangkauannya yang terbatas.

Setelah diatas dipaparkan mengenai kelebihan dan kekurangan komunikasi interpersonal tatap muka maka komunikasi non verbal bermedio pun juga mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu kelebihannya adalah efektif dalam waktu karena dapat berkomunikasi dengan jarak jauh, antara satu sama lain tidak berada ditempat yang sama tetapi masih bisa berkomunikasi dan jangkauannya dapat keseluruh pelosok di dunia. Kelebihanya yang lain adalah bisa menjalin komunikasi secara cepat karena tidak perlu untuk bertemu atau bertatap muka langsung. Lalu kelebihan lainnya adalah komunikasi bermedio bisa dilakukan sambil mengerjakan sesuatu yang lainnya misalnya menelepon sambil memasak. Media yang digunakan komunikasi bermedio ini banyak macamnya, antara lain, surat, telepon, dan internet yang sekarang sedang menjadi trend khususnya dikalangan remaja.

Kelemahan dari komunikasi interpersonal bermedio pun juga ada dan menjadi kendala dalam orang menggunakan media itu sendiri. Kelemahan komunikasi bermedio salah satunya adalah antara kedua orang tersebut kurang bahkan tidak merasakan kedekatan emosional karena tidak melihat wujud fisik dari lawan bicaranya. Kemudian yang menjadi kelemahannya juga ketika berkomunikasi tidak dapat melihat komunikasi non verbal yang diberikan komunikator kepada komunikannya padahal komunikasi non verbal itu penting dalam melakukan komunikasi agar terbentuk mutual understanding antara keduanya. Lalu kelemahan yang lainnya adalah banyaknya noise yang terdapat pada komunikasi bermedio, misalnya dalam penggunaan media surat terdapat kesalahan dalam penulisan surat maka pesan yang akan disampaikan tidak sampai kepada komunikannya, sama hal nya seperti ketika berkomunikasi menggunakan mobile phone ditempat terpencil jika batere habis atau signal tidak ada maka komunikasipun tidak akan terjalin. Selain itu komunikasi bermedio juga memerlukan biaya yang cukup banyak atau bisa dibilang cukup mahal, yang dimaksudkan disini adalah ketika penggunaan telepon maupun internet. Mengobrol dengan menggunakan telepon sangat terbatas karena mahalnya biaya yang akan dikeluatrkan untuk berkomumikasi jadi hanya dapat menyampaikan pesan seperlunya saja agar tidak memerlukan biaya yang lebih. Begitu juga dalam penggunaan internet, biaya yang dikeluarkan lebih banyak daripada berkomunikasi dengan telepon karena harus mempunyai perangkat PC atau laptop beserta dengan jaringan telepon yang disambungkan untuk mengakses internet itu sendiri, kalaupun tidak menggunakan PC atau leptop sendiri maka akan mengeluarkan biaya untuk ke warnet untuk mengakses internet. Kemudian jika menggunakan media internet dalam melakukan komunikasi bermedio maka diperlukan keahlian khusus dalam mengoperasikan komputer maupun situs-situs yang ada di internet itu sendiri. Selain itu banyak kebohongan yang terdapat dalam penggunaan media terlebih media virtual karena tidak dapat melihat gerak-gerik maupun gesture yang diungkapkan dalam non verbal dari lawan bicaranya dan pesan yang disampaikan tidak dapat sepenuhnya dipertanggungjawabkan karena tidak ada bukti yang otentik.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari komunikasi dengan tatap muka maupun bermedio, dalam penggunaannya tergantung pada kebutuhan masing-masing. Jika ingin melakukan pendekatan secara emosional maka butuh komunikasi dengan tatap muka tetapi jika ingin berkomunikasi dengan orang yang tidak ada dalam satu tempat maka menggunakan komunikasi bermedio.

Dapat disimpulkan juga bahwa komunikasi dengan tatap muka lebih efektif karena dapat bertemu langsung dan dapat dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali sedangkan komunikasi bermedio terlebih media virtual tidak dapat dilakukan oleh semua orang karena terbatas oleh banyak hal, seperti biaya, waktu, maupun keahlian untuk mengoperasikannya. Tetapi pada akhirnya fungsi dari keduanya itu sama yaitu untuk menjalin komunikasi interpersonal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar